Rabu, 20 Juli 2016 - 10:31:05 WIB
PENYULUHAN KESEHATAN TERNAK DI DESA TINATAR BEKERJASAMA DENGAN MAHASISWA KKN UNIVERSITAS UGM
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Kesehatan Hewan - Dibaca: 657 kali


Dewasa ini masalah kesehatan ternak harus dipandang sebagai masalah kesehatan semesta, yang memerlukan pendekatan paradigma one word , one health,one medicine.

Hal ini mengandung implikasi pentingnya penyelesaian masalah kesehatan hewan secara tuntas dan berkesinambungan dalam suatu sistem kesehatan hewan nasional. Pada hakikatnya upaya kesehatan, termasuk kesehatan hewan, merupakan tanggung jawab bersama. Dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan dan kesehatan melalui status kesehatan hewan nasional dan pengendalian Penyakit Hewan Menular (PHM) sehingga mencapai kondisi kesehatan, produksi dan produktivitas hewan yang meningkat secara optimal maka penyuluhan dan pendampingan perlu dilakukan secara kontinyu dan berkesinambungan.

Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Kabupaten Pacitan 20 Juli 2016 hari ini mengadakan penyuluhan kesehatan hewan dengan mahasiswa KKN UGM di desa Tinatar Kecamatan Punung Kegiatan pelayanan pelayanan kesehatan hewan ini dilakukan baik pelayanan aktif, semi aktif dan pasif, mengingat potensi peternakan yang ada di kabupaten Pacitan sangat bervariasi. Pelayanan aktif dilaksanakan sesuai dengan program kerja yang telah disusun setiap tahunnya seperti pemeriksaan cacing, pemberian obat cacing, vaksinasi dan pembinaan kelompok. Pelayanan semi aktif dilakukan apabila ada laporan dari peternak kemudian petugas mendatangi lokasi untuk melakukan penanganan, hal ini dilakukan terhadap unggas dan ternak besar. Sedangkan pelayanan pasif yaitu melakukan pelayanan pada Puskeswan terutama menangani kasus penyakit hewan kesayangan dan konsultasi masalah gizi, pemeliharaan, pengobatan dan kesehatan hewan.