Rabu, 03 Agustus 2016 - 10:11:26 WIB
Bupati Pacitan, Tingkatkan Peran Unit Pengelolaan Jasa Alintan
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Sarana Prasarana - Dibaca: 703 kali


Pacitan Maju Sejahtera, Peran kelembagaan petani sangatlah penting untuk mendukung keberlanjutan pertanian dalam memberikan masukan dan pertimbangan bagi pelaku usahatani dalam rangka pengembangan ekonomi lokal.

Adanya kelembagaan petani dapat membangun sinergi antar petani dalam mencapai efisiensi usaha. Keberadaan lembaga petani menjadi wadah kerjasama petani dan berfungsi memberikan layanan yang efektif dalam usaha pertanian. Efektifitas kelembagaan petani mempengaruhi petani dalam berusaha tani secara ideal (sesuai dengan petunjuk yang ada) baik sebagai penyedia informasi, penyedia fisik/jasa maupun sebagai penyedia sarana pertanian termasuk juga dalam pengelolaan alsintan.

Pangan merupakan kebutuhan dasar bagi manusia yang pemenuhannya menjadi hak asasi setiap rakyat Indonesia guna mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas. Dalam rangka mendukung Swasembada Berkelanjutan Padi dan Jagung serta Swasembada Kedelai, Kementerian Pertanian telah menetapkan upaya khusus melalui kegiatan rehabilitasi jaringan irigasi tersier dan kegiatan pendukung lainnya yang salah satunya penyediaan alat dan mesin pertanian (alsintan).

Peran kelembagaan petani dalam pengelolaan alsintan sangat penting. Salah satu peran kelembagaan petani adalah sebagai unit usaha penyedia sarana dan prasarana produksi. Kelembagaan petani merupakan tempat pemberian layanan kepada seluruh anggota untuk memenuhi kebutuhan sarana produksi (pupuk termasuk pupuk bersubsidi, benih bersertifikat, pestisida, dll) termasuk juga alat mesin pertanian. Kebijakan pemberian bantuan alsintan yang diambil oleh Pemerintah merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan produksi tanaman pangan dan kesejahteraan masyarakat tani. Alsintan memiliki peranan penting dalam upaya pencapaian swasembada pangan dikarenakan dengan penerapan alsintan dalam kegiatan usaha tani dapat memberikan mutu hasil yang lebih baik dan dilakukan dengan lebih efisien dan efektif.