Senin, 29 Agustus 2016 - 09:33:59 WIB
Pemerisaan Hewan Kurban Harus di Lakukan Sampai Pelosok Desa
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Peternakan - Dibaca: 445 kali


Pacitan Maju Sejatera, Idul adha atau hari raya qurban merupakan salah satu hari besar di Indonesia, pada hari ini hampir seluruh umat muslim yang mampu akan memberikan kurbannya yang biasanya berupa hewan ternak untuk disembelih dan dagingnya diberikan kepada orang orang yang membutuhkan atau kurang mampu.

Hewan ternak yang biasanya banyak dijadikan hewan kurban diantaranya adalah sapi, kambing atau domba, kerbau dan hewan ternak besar lainnya. Hari raya kurban juga menjadi sumber rezeki tersendiri bagi beberapa peternak karena umumnya menjelang atau mendekati hari raya kurban ini, karena ternak mereka akan diburu uleh pembeli dengan harga yang naik seiring dengan tingginya permintaan.

Begitu juga dengan pengepul yang membeli hewan langsung dari peternak dan menjualnya kembali kepada orang orang yang sedang mencari hewan kurban. Biasanya pengepul akan mendapat keuntungan dari membeli ternak dari peternak dengan harga agak murah dan menjualnya dengan harga yang lebih tinggi.

Menjelang Idul Adha masyarakat diimbau mengecek kesehatan hewan kurban yang hendak dibeli. Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Kabupaten Pacitan juga terus mengaktifkan pemeriksaan Hewan ternak masyarakat dan mengaktifkan pemantauan arus lalu lintas ternak, utamanya di kawasan perbatasan.

Untuk Pemeriksaan rutin ternak milik masayarakat menurut Ir.Pamuji MP, Kepala dinas Tanaman Pangan dan Peternakan akan menurunkan dokter dan petugas kesehatan hewan secara kontinyu hinggga kepelosok daerah yang ada di Kabupaten Pacitan.Selain pemeriksaan rutin petugas kesehatan hewan juga melakukan pemeriksaan dipasar hewan. Dengan pengawasan yang efektif hewan kurban yang disebelih berkondisi sehat, cukup umur dan berjenis kelamin jantan.