Kamis, 08 September 2016 - 07:59:22 WIB
Pendampingan Kelompok ditekankan pada Capacity Building dan Teknicel Building
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Umum - Dibaca: 414 kali


Pacitan Maju Sejahtera, pendampingan kelompok yang sistimatis dan terukur perlu disetrategikan secara nyata, hal ini harus tercermin pada kegiatan pendampingan kelompok tani serta gabungan kelompok tani.

Pendampingan capasitas kelompok menekankan pada pendampingan kemapuan kelompok mengelola mengorganisir kelompoknya serta kemampuan individu berinteraksi dengan peningkatan kempuan menejemen kegiatan yang dilakukan. Pendampingan kapasitas kelompok ini perlu dtekankan karena petani perlu langkah-langkah yang sistimatis dalam melakukan kegiatan. Hal-hal yang perlu ada dalam pendamping kelompok ini adalah adanya visi dan misi kelompok yang jelas dan terukur.

Yang dimaksud jelas adalah mau dibawa kemana kelompok tani yang telah berdiri ini dan apa orieantasi yang akan dilaksanakan. Yang dimaksud terukur adalah kemapuan kelompoktani yang selalu meningkat dan dibatasi oleh ruang dan waktu perlu ada tarjet-tarjet yang jelas dalam melakukan kegiatan kelompok taninya. Yang tidak kalah pentingya dalam pendmpingan kapsitas kelompok ini perlu ada rencana kegiatan tahunan yang mencerminkan target kegiatan dan target produksi yang tersusun dalam kegiatan perbulan dimana aktivitas kelompok dijalnkan dan aktivitas pendampingan terukur secara sistimatis.

Selain pendampingan kapasitas kelompok perlu juga pendampingan teknis yang meliputi kegiatan teknis pertanian yang mudah diterapkan dan dimengerti sesuai dengan kebutuhan petani. Dengan pendampingan kapasitas, petani berarti membangun terus kekampuan menejemen organisasinya dan pendampingan tenis berarti membangun kemanuan tenis bertaninya. Dengan sinergisnya kegiatan pendampingan capasitas dan teknis petani akan lebih sistimatis dalam lelakukan usaha taninya.