Kamis, 15 September 2016 - 09:59:01 WIB
Siap Kelola Informasi dan Dukumentasi Publik Partisipatif
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Umum - Dibaca: 509 kali


Pacitan Maju Sejahtera, Informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang bagi pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya serta merupakan bagian penting bagi ketahanan nasional.

Hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia dan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik. Pemberlakuan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP) pada 30 April 2010 merupakan momentum penting dalam mendorong Keterbukaan di Indonesia, khususnya di Jawa Timur. UU ini telah memberikan landasan hukum terhadap hak setiap orang untuk memperoleh Informasi Publik. Dimana, setiap Badan Publik mempunyai kewajiban dalam menyediakan dan melayani permohonan Informasi Publik secara cepat, tepat waktu, biaya ringan dan cara sederhana.

Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan salah satu institusi public telah dan siap menyediakan akses informasi publik bagi pemohon informasi. Terkait dengan tugas tersebut maka pejabat PPID yang telah ditunjuk menetapkan standar layanan informasi di lingkungan PPID setempat . Dengan adanya Standar Operasional Pelayanan Informasi Publik ini, diharapkan implementasi UU KIP dapat berjalan efektif dan hak-hak publik terhadap informasi yang berkualitas dapat secara nyata terpenuhi.

Pengeloaan infirmasi publik yang partisipatif merupakan hal yang menciptakan umpan balik terhadap kepentingan kedua belah pihak sehingga solusi terhadap masalah yang dihadapi dapat terpecahkan dengan sebaik-baiknya. Sementara ini informasi publik dinas Tanaman Pangan dan Peternakan di seerkan kepada masyarakat lewat Web Site yang dapat diakses di distan_nak_pacitan.yaho.com, dengan penyampainan ini masyarakat dapat berinteraksi menyampaikan pertanyaan dan permasalahan sehingga bisa ditindak lanjuti.

Hakekat Pelayanan Informasi Publik adalah pemberian pelayanan kepada pemohon Informasi Publik secara cepat, tepat waktu, biaya ringan/proporsional, dan cara sederhana. Asas pelayanan informasi Publik 1. Transparansi Bersifat terbuka, mudah dan dapat diakses oleh semua pihak yang membutuhkan dan disediakan secara memadai serta mudah dimengerti. 2. Akuntabilitas Dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. 3. Kondisional Sesuai dengan kondisi dan kemampuan pemberi dan penerima pelayanan dengan tetap berpegang pada prinsip efisiensi dan efektivitas. 4. Partisipatif Mendorong peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pelayanan informasi publik dengan memperhatikan aspirasi, kebutuhan dan harapan masyarakat. 5. Kesamaan Hak Tidak Diskriminatif dalam arti tidak membedakan suku, ras, agama, golongan, gender dan status ekonomi. 6. Keseimbangan hak dan kewajiban Pemberi dan penerima pelayanan publik harus memenuhi hak dan kewajiban masing-masing pihak.