Senin, 19 September 2016 - 10:02:14 WIB
Semua Kegiatan Pertanian Harus mulai ada Standard Operating Procedures (SOP)
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Pertanian - Dibaca: 458 kali


Pacitan Maju Sejahtera, Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Kabupaten sudah menerapkan Standard Operating Procedur atau yang lebih terkenal disebut SOP. SOP merupakan proses kegiatan didukumentasukan berupa narasi untuk mempermudah kegiatan yang kita kerjakan. Kita harus paham apa itu SOP sehingga yang kita kerjakan akan mudah, sistematis dan terukur.

Biasanya SOP yang kita terapkan di tingkat petani/lapangan adalah sebuah susunan kegiatan yang kita sepakti dan kita dokukmentasikan dalam bentuk buku kelompok yang spesifik lokasi, itupun masih kita lakukan sesuai dengan kebutuhan kegiatan. Kita kerjakan SOP dengan baik maka akan membuahkan hasil yang baik pula. Ilustrasinya adalah jika saat ini Anda bekerja sebagai seorang karyawan di sebuah perusahaan Jasa Keuangan atau koperasi simpan pinjam, maka Anda harus menguasai beberapa SOP antara lain: Sandart Operating Prosedur Pemberian pinjaman kepada nasabah, SOP Penyimpanan uang, SOP pendaftaran nasabah baru dan lain sebagainya.

Komoditas pertanian sangat dibutuhkan oleh masyarakat dimana hasil dari produk pertanian, baik segar maupun olahan sangatlah menjanjikan untuk diusahakan di tingkat petani, guna memperoleh nilai tambah yang cukup tinggi. Agar budidaya pertanian sesuai standar maka perlu adanya SOP (Standard Operating Procedures). SOP ini memuat tentang teknis yang baik mulai dari penetapan lokasi, pemilihan benih, penanaman, pemeliharaan hingga panen dan pasca panen.

Materi proses kegiatan yang didukumentasikan ini disusun sebagai acuan dalam budidaya bagi petugas, petani dan pelaku usaha pertanian guna memperoleh produk yang bermutu, ramah lingkungan dan aman konsumsi. Sebagai petani biasanya SOP kita sebatas cara bercocok tanam yang baik (sesuai komoditas), pasca panen dan pemasaran. Sehingga dengan dukumen proses kegiatan yang ada di SOP kita akan tahu benar apa yang harus kita kerjakan. SOP ini juga meminimalisir Kegagalan yang terjadi dalam proses sehingga juga meminimalisir kerugian.