Selasa, 04 Oktober 2016 - 14:44:58 WIB
Taman Teknologi Pertanian (TTP) Kegiatanmu Kini.......
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Umum - Dibaca: 587 kali


Pacitan, Maju Sejahtera, Dibentuknya Taman Teknologi Pertanian (TTP) adalah untuk menghilirkan inovasi yang artinya mendekatkan inovasi hasil penelitian dan pengkajian untuk lebih dekat dengan pengguna.

Hasil penelitian dan pengkajian tidak berhenti hanya menjadi laporan atau jurnal yang tersimpan di perpustakaan. TTP merupakan salah satu pendekatan untuk mempercepat penerapan inovasi teknologi pertanian kepada para petani. Masyarakat tani di sekitar TTP dapat belajar penggunaan teknologi di TTP, dan melihat contoh hasilnya yang diterapkan di TTP.

Indonesia sejak dulu termasuk negara yang diperhitungkan dan menjadi incaran Negara lain karena memiliki potensi produksi pertanian yang cukup besar. Potensi ini perlu diperhatikan dan dilestarikan sehingga tetap menjadi negara pertanian yang diperhitungkan. Meskipun memiliki banyak masalah lingkungan akibat pertanian tak ramah lingkungan, kini Indonesia sedang bergerak menuju praktik pertanian yang lebih ramah lingkungan meskipun dalam skala kecil.

Berkaitan dengan hal tersebut untuk mendukung dan meningkatkan kontribusi sektor pertanian terhadap pembangunan nasional, Kementerian Pertanian telah menetapkan 4 (empat) sukses pembangunan pertanian, yaitu: (1) pencapaian swasembada dan swasembada berkelanjutan, (2) peningkatan diversifikasi pangan, (3) peningkatan nilai tambah, daya saing dan ekspor, dan (4) peningkatan kesejahteraan petani.

Untuk mewujudkan 4 (empat) sukses pembanguan pertanian tersebut, diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas, handal serta berkemampuan manajerial, kewirausahaan dan mempunyai organisasi bisnis sehingga pelaku utama pembangunan pertanian mampu membangun usaha dari hulu sampai dengan hilir yang berdaya saing tinggi dan mampu menerapkan prinsip pembangunan pertanian berkelanjutan.